Content feed Comments Feed

Awasi guru disekolah

Diposting oleh tips blogger keren Kamis, 15 Juli 2010

Beberapa hari ini atau minggu ini adalah hari masa orientasi sekolah (MOS), ada yang sudah selesai dan masih ada yang belum selesai, kebahagiaann siswa terasa sangat luar biasa ketika penutupan isertai oleh penampilan segala jenis kreativitas siswa lama dan siswa baru. ajang kreativitas biasanya adalah penampilan karya seni (pensi) dan ada yanng menampilkann kegiatan ekstrakurikuler.


Disamping itu semua, tahukah kita kegiatann yang lebih urgen daripada sebuah kegiatan masa orientasi sekolah yanng berjalan hannya beberapa hari dan paling lama 1 (satu) minggu saja, hal yang terpentinng adalah proses panjang yakni adalah proses pembelajaran ddikelas!. apakah kesiapan para pengajar sudah jelas pada bidangnya! memang kita dapat melihat jika kesiapan bukan hanya kesiapan secara mental seorang guru saja namun kesiapan materi sekaligus emosi adalah hal terpenting dalam proses KBM, hal ini adalah merupakan suatu keharusan bagi seorang guru untuk mengevaluasi proses mengajarnya, apakah sudah berhasil kegiatan belajar tersebut.

Bagaimanapun siswa adalah amanah dari masyarakat yanng harus ddibekali ilmu yang mapan, ilmu yang siap pakai khususnya SMK atau sekolah kejuruan, pada hakikatnya proses KBM telah diatur apik dengan adanya kurikulum sekolah yang diatur oleh pemerintah (KTSP). hal ini akan menimbulkan pertanyaan sederhana, apakah para guru menggunakan sillabus sebagai acuan proses belajar?, tapi para guru kebanyakan hannya menggunakan LKS dan buku paket sebagai acuan proses belajar, padahal banyak LKS dan buku paket yang tidak singkron dengan silabus atau cakupan materi yang harus disampaiikan pada siswa dalam persemesternya.

Pada tulisan ini penulis hanya berrpesan kepada pembaca, sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk membagikan silabus kepada siswa atau bahkan kepada wali murid agar materi yang seharusnya disampakan dapat disampaiikan kepada anak didik atau bahkan silabus juga harus diketahui oleh orang tua murid atau wali agar kinerja guru dapat di awasi sehingga tujuan penddidikann dapat5 berjalan semestinya.

0 Responses to Awasi guru disekolah

Posting Komentar

silahkan protes